Minggu, 16 Oktober 2011

Sejarah Singkat E-learning Zoologi unp

www.zoologi-unp.net atau yang lebih dikenal dengan e-learning zoologi merupakan website e-learning untuk perkuliahan online di jurusan biologi fmipa unp.
2009
Web ini pertama kali dibuat dengan domain: http://forumbiologifmipaunp.200u.com
Pembuatan website ini merukan uji coba pertama pengembangan web e-learning dengan sederhana. Dengan menggunakan fasilitas webhosting dan domain gratis maka di registrasilah website ini untuk tujuan percobaan. Web ini untuk pertama kalinya di uji cobakan sebagai website e-learning biologi dan hampir memiliki lebih dari 150 orang member. Kualitas bandwithnya tak perlu diragukan lagi karena hostingan ini menyedikan kapasitas unlimited untuk bandwith. Dan space sampai dengan 3 Gb. karna menggunakan web hosting dan domain gratis. Satu persatu msalah muncul seiring dengan penggunaanya Website. Namun web ini hanya sempat online selama 5 bulan lebih dan tidak dapat mencapai target penyelesaian pada akhir semester perkuliahan. web site diblock oleh webhosting dan disarankan untuk melakukan upgrade menjadi berbayar… dan berakhirlah nasib website ini
2010
Pada pertengahan tahun 2010 web e-learning ini dikembangkan lagi dengan nama
http://e-learningbiologiunp.com
web ini direncanakan akan dikembangkan untuk kepentingan tugas akhir sebagai media perkuliahan online mahasiswa Biologi FMIPA UNP. Website ini diregistrasi pada bulan juli 2010 dengan menggunakan domain dan webhosting berbayar. Setelah beberapa bulan berjalan, web ini telah memiliki hamper dari 100 member aktif dalam perkuliahan. Semua kegiatan perkuliahan khusunya aplikasi computer dilaksanakan di web ini. Namun segala usaha pasti da cobaannya. Pada bulan September 2010 situs www.e-learningbiologiunp.com mendapat serangan hacker, Dari negera turkey. Ketika ditelusiri lebih lanjut, web ini bukan diserang melainkan menjadi korban pembobolan server pada hostingan yang web ini tempati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar